Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Catatan Food Combining

Moocen Susan | Selasa, Mei 20, 2014 |
   Hari minggu kemarin kepalaku agak pusing dan niatnya mau absen ke gereja :O Jadi rencananya aku mau istirahat aja di rumah. Libur dari aktivitas memasak dan pengen santai aja. Karena pagi itu aku lapar, sambil menunggu makanan pesananku diantar aku makan buah pisang. Lalu aku mandi dan setelah itu pengen makan lalu tiduran (jangan dicontoh ya) 

   Tapi anehnya setelah aku selesai mandi, kepalaku yang pusing tadi sembuh dengan sendirinya dan badanku kerasa fit aja. Alhasil, akhirnya aku malah jadi semangat ke gereja karena badanku udah seger lagi. (rupanya Tuhan tidak rela aku absen hihi)

  Aku jadi ingat beberapa hari yang lalu ada teman yang menyarankanku untuk mencoba pola makan dengan Food Combining. Yang aku tangkap dari Food Combining ini adalah sarapan pagi dengan buah-buahan. Oh mungkin karena aku makan buah dulu jadi badanku krasa enakan ya? Penasaran pengen nyobain tapi untuk memulai hal baru perlu niat dan penyesuaian diri juga. Karena mengubah kebiasaan lama itu butuh perjuangan. Biasanya makan nasi di pagi hari dan diganti buah. 

credit

   Sebenarnya aku udah lama dengar tentang Food Combining ini cuma tidak terlalu paham, sampai aku bergabung di grupnya. Ada banyak sekali catatan tentang Food Combining yang perlu kubaca dan kupelajari agar aku bisa mulai mencoba makan dengan pola dan menu yang benar demi menjaga kesehatan tubuh. Karena saking banyaknya catatan dan mungkin sedikit bingung oleh karena itu aku minta ijin pada mbak Wiwied selaku adminnya untuk menuliskannya di blog ini dengan lebih ringkas supaya aku lebih mudah memahaminya dan juga sebagai notes pengingat buatku. Jadi semua tulisan tentang Food Combining ini bersumber dari file grup Food Combining.

  Food combining adalah pengaturan pola makan makan yang mengacu kepada sistem cerna tubuh terutama sistem cerna. Pola makan ini lebih mengacu ke mekanisme pencernaan alamiah tubuh dalam menerima jenis makanan yang serasi sehingga tubuh dapat memproses semua itu dengan baik dan mendapatkan hasil secara maksimal ~ Erikar Lebang (Food Combining itu Gampang & Food Combining di Bulan Ramadhan) 

   FC dilakukan untuk mencapai kondisi homeostatis yaitu kondisi ideal dalam tubuh saat seluruh fungsi berjalan dengan sempurna. Beberapa katalisator kondisi ini salah satunya yang populer adalah nilai pH (Potential Hydrogen). Kondisi homeostatis tubuh sehat tercapai pada saat nilai asam dan basa seimbang, yaitu pH Netral (7.0) atau tepatnya 7,35 –7,45 

    Waktu makan berdasarkan Ritme Sirkadian terbagi atas 3 waktu atau 3 Fase, yaitu : 
  • 12 siang – 8 malam: Waktu Cerna 
  •  8 malam – 4 pagi : Waktu Penyerapan 
  • 4 pagi - 12 siang : Waktu Pembersihan 
Bangun tidur minum jeniper (jeruk nipis peras).
 "Jeruk nipis berkhasiat memperkuat jaringan hati dan mengencerkan mukosa (lendir) dalam saluran pencernaan."

Caranya : 
  1. Siapkan air hangat di gelas 
  2. Peras jeruk ke dalam air (1-3 sdm) 
Cara minum yang benar : 
Diminum seteguk demi seteguk, didiamkan sesaat dalam mulut hingga bercampur air ludah, baru ditelan. Jangan "ditenggak" sekaligus habis. 
SARAPAN : BUAH jam 6-11 
Cara makan: 
  • Pada saat perut kosong atau 15-20 menit sebelum makan  
  • Setelah makan jangan makan buah lagi, beri jeda waktu 4-5 jam kemudian. 
  • Hentikan makan saat sudah kenyang. 
Tips untuk minum jus :
Saat minum selipkan ke areal bawah lidah, karena disana tempat kelenjar liur berada, tahan sekitar 2-3 detik sebelum ditelan.
Buah apa yang dimakan? Matang wit/ mengkal, berserat dan berair. Bila tak ada buah bisa makan, ragam sayuran segar, oatmeal non instan,quinoa bengkuang, alpukat, tomat, ketimun, bit 
MAKAN SIANG & MALAM 
Makanan dibagi 3 unsur : pati, protein, dan sayur
Protein hewani TIDAK BOLEH dicampur dengan pati, yang boleh dikombinasikan dengan pati yaitu protein nabati (tempe) 
Protein hewani BOLEH dicampur dengan sayuran 
Pati BOLEH dicampur dengan sayuran
Cara makan yang benar :
  • Waktu makan : 25-30 menit  
  • Kunyah 30-70 x  
  • Saat makan jangan minum air  
  • Makan jangan terburu-buru 
Ok, segitu dulu catatan saya. Besok kalau udah baca filenya lagi aku ringkasin lagi ya :D 

sumber referensi :
https://www.facebook.com/groups/FoodCombiningIndonesia/486574954775370/

8 komentar:

  1. ayo mbk semangat....semoga dgn pola mkn yg baik kita bisa lbh sehat dan jauh dr sakit aamiin....
    byk bacaan difile fc mbk,jd lbh mudah aja kl g mudeng tnya tmn2 pst responyya cepat hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mbak HM Zwan juga anggota FC juga ya? ehehe

      Hapus
  2. Wah, bermanfaat banget nih mbak :) Saya belum tertarik sih :p tapi pengen coba juga.. ntar ah tunggu testimoni dari Mbak Susan ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok nunggu saya? haha banyak kok yang udah nyobain.. saya masih baru mulai nyoba.

      Hapus
  3. aku harus mulai belajar makanan sehat nih

    BalasHapus
  4. Iya, sering dengar nih,mak tentang FC :D belum pernah nyoba sih, cuma pernah dengar teman yang nyoba FC. semangat FC nya mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama donk mak aku juga belum pernah nyoba, ini mau nyoba tapi masih dalam tahap mencatat dulu hihi

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...